KPUD Berharap Debat Paslon Lebih Mengenalkan Visi Misi

Kamis, 12 Januari 2017 | 12:13
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pertama kali pada Jumat, 13 Januari 2017. Mereka menegaskan bahwa tahapan debat tersebut sangat penting bagi masyarakat.

"Saya berharap dalam debat ini, pasangan calon lebih mengenalkan visi misi, sehingga masyarakat tidak memilih kucing dalam karung, tapi mengenal mereka," kata anggota KPU DKI Jakarta Dahlia Umar, Kamis (12/1). 

Dahlia mengimbau, seluruh masyarakat memanfaatkan debat sebagai momen mengenal, menilai, dan membandingkan calon gubernur. Apalagi, debat itu disiarkan oleh stasiun televisi.

"Iya betul sekali debat pertama, debat besok dimulai tanggal 13 Januari mulai pukul 20-22," ujarnya.

Pada debat kali ini, lanjut Dahlia, institusinya menyiapkan tema terkait permasalahan sosial ekonomi, lingkungan hidup, transportasi, pendidikan, dan keamanan. Mereka juga sudah menyiapkan moderator dan panelis, merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan kepada pasangan calon.

"Metode debat diisi dengan moderator bertanya pada pasangan calon untuk tema-tema tadi. Pasangan calon jawab kemudian dilanjutkan dengan segmen-segmen lain. Pasangan calon bisa saling bertanya satu sama lain," ujar Dahlia.

Dahlia menegaskan, bahwa seluruh segmen mereka atur sedemikian rupa. Setiap calon akan menjawab dengan batasan waktu yang ditentukan.

"Selama dua menit, mereka harus merumuskan jawaban-jawaban yang tepat dan mencapai (memenuhi) apa yang ingin disampaikan," tambah dia.

Debat Pilkada DKI Jakarta akan digelar tiga kali, antara lain pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari 2017 mendatang. Rencananya, debat pertama digelar di Hotel Bidakara. Seluruh calon diwajibkan mengikuti debat tersebut. Sebab jika tidak, mereka akan mendapatkan sanksi. (rmn)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%