Revitalisasi Kali Besar Ditarget Selesai Tahun Ini

Kamis, 20 April 2017 | 11:54
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Kali Besar. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Revitalisasi Kali Besar tahap pertama di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Program ini menargetkan pembersihan aliran kali dari sampah dan sedimen.

Kepala Unit Pelaksana Kawasan (UPK) Kota Tua, Novriadi Setio Husada mengatakan, program ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama Jembatan Museum Bank Indonesia sampai di Jalan Kopi dan tahap dua, Jalan Kopi sampai Jembatan Kota Intan.

"Ditargetkan akhir tahun 2017 selesai," kata Novriadi, Selasa (18/4). Dia menambahkan, program ini nantinya akan dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata di Kawasan Kota Tua.

"Pengerjaan ini menggunakan program kompensasi Koefisien Lantai Bangunan (KLB), jadi pihak swasta yang melakukan revitalisasi," tandasnya. Kali Besar adalah sebuah terusan yang mengalir sejajar dengan Sungai Ciliwung di sebelah barat. Kali ini bermuara di Teluk Jakarta. 

Sebelum pusat pemerintahan kolonial Belanda dipindahkan ke selatan di awal abad ke-19, kawasan Kali Besar adalah daerah permukiman kalangan atas. Di tepi barat, di Jalan Kali Besar Barat masih terdapat sejumlah bangunan dari abad ke-18. (wok)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%