TPU Tanah Kusir Tambah Tanah Makam

Jumat, 21 April 2017 | 17:01
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Lahan seluas satu hektare di areal Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan kembali akan dibangun untuk pemakaman. Secara keseluruhan, luas areal TPU Tanah Kusir mencapai 51 hektare.

Saat ini, lahan tersebut tengah dilakukan pematangan untuk selanjutnya dibangun menjadi berbagai petak makam. "Sementara ini kebutuhan lahan untuk pemakaman masih ada," kata Kepala Seksi Pemakaman Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan Ivan Murcahyo, belum lama ini.

Meski demikian, kata Ivan penambahan lahan makam diperlukan. Mengingat permintaan kepengurusan pemakaman di TPU ini terbilang cukup tinggi.

"Kami targetkan pematangan lahan rampung tahun ini. Sehingga lahan pemakaman untuk beberapa tahun ke depan tersedia," tandasnya. Selain itu, Dinas Kehutanan DKI Jakarta segera membangun Taman Pemakaman Umum (TPU) Percontohan di wilayah Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Saat ini lahan seluas sekitar 4,9 hektare bekas lapangan sepak bola dan rawa-rawa telah disiapkan. "Sebagai TPU Percontohan karena di TPU ini akan dimodifikasi. Yakni pada bagian tengah ada embung dan joging track-nya. Pembangunannya dilakukan Dinas Kehutanan tahun 2017 ini," kata Romi Sidharta, selaku Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Timur, sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Kabid Pemakaman Dinas Kehutanan DKI Jakarta Siti Hasni mengatakan, rencananya pembangunan dilakukan dalam dua tahun anggaran dengan total biaya sekitar Rp 17,2 miliar. Untuk tahun 2017, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 13 miliar.

Ini untuk pembangunan waduk, joging track yang mengelilingi pinggiran lahan dan pemasangan pagar beton keliling. Kemudian tahun 2018 disiapkan anggaran Rp 4,2 miliar untuk kantor pengelola, saluran air dan jalan beton.

"TPU Bambu Apus ini akan kita bangun menjadi TPU Percontohan. Pembangunannya dilakukan bertahap dalam dua tahun anggaran," tutupnya. (wok)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%