Kali Penuh Sampah, Isnawa Adji Salahkan Pasukan Oranye

Rabu, 13 September 2017 | 11:50
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Kondisi kumuh di Kali Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat karena penumpukan. Aparat pun membersihkannya kembali lantaran sorotan tajam. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengakui kondisi kali itu kumuh pada Senin (11/9) pagi.

Ia berkilah bahwa kekumuhan itu terjadi akibat curah hujan yang mengguyur Jakarta pada Minggu (10/9) malam. Ketika tidak ada petugas pegawai harian lepas atau pasukan oranye yang menjaga kali tersebut.

"Malam sampai pagi kan kondisi kosong, tiba-tiba malam hujan, sampah-sampah di permukiman terbawa dan masuk ke kali itu," kata Isnawa Adji.

Isnawa mengatakan pihaknya sudah menempatkan 4.015 petugas PHL untuk menjaga kali/sungai, waduk, pintu air hingga pesisir pantai.

Namun, untuk kawasan Kali Cideng, dia tak menampik kabar bahwa memang sempat penuh oleh sampah.

"Mereka memang sudah kita tempatkan di semua ruas, cuma memang kendalanya hujan turun, otomatis banyak selokan yang membawa sampah, ikut terdorong masuk ke kali," kata dia.

Isnawa juga mengatakan masih banyak warga di sekitar kawasan Kali Cideng yang membuang sampah sembarangan ke selokan maupun ke kali.

"Makanya, saya juga minta bantuan warga, terutama RT-RW, agar jangan buang sampah ke kali atau sungai. Karena kalau hujan deras, debit air naik, kali akan penuh oleh sampah," pungkas Isnawa. (wok)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%