Ternyata Banyak Warga Tak Tahu Pemilik Mobil Parkir Liar di Perumahan

Rabu, 13 September 2017 | 19:53
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)

INDOPOS.CO.ID - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengklaim sudah lama menerapkan sanksi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5/2014 Pasal 140 tentang kepemilikan garasi. Sanksi tersebut berupa penderekan di jalan-jalan raya, termasuk juga di kawasan perumahan.

Kepala Dishub DKI Andri Yansyah mengaku tidak pernah membeda-bedakan terkait pemberlakuan sanksi. Namun, pengawasan dalam perumahan didahului pengaduan yang masuk ke RT dan RW setempat.

"Bukan kita membeda-bedakan perlakuan, tapi memang kita agak beda yang di jalan-jalan raya. Kalau seumpama di perumahan ada pengaduan, kita berkoordinasi dengan RT-RW," ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/9).

Cara yang dilakukan Dishub bertahap dengan sosialisasi. Tujuannya memberikan pemahaman kepada warga mengenai Perda transportasi tersebut yang selama tiga tahun ini belum banyak diketahui.

"Kita kesana, kita tanyakan dulu ini mobil siapa, jadi nggak langsung kita derek. Kalau seumpamanya mobil warga kita sampaikan ke warga, ya bahwa ini kita sampaikan sosialisai tidak boleh seperti ini (parkir di luar garasi)," tutur Andri.

Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, Andri mengungkapkan lebih sering warga setempat tidak mengetahui mobil atau motor siapa yang diparkir sembarangan.

"Sering kita temukan di lapangan banyak warga yang tidak tahu itu mobil siapa yang seperti ini langsung kita derek," ungkap dia.

Bahkan, dia menemukan ada mobil yang telah bertahun-tahun ditinggal pemiliknya. Maka, itu menjadi sasaran Dishub untuk menertibkannya.

"Ada di Tebet, saya kemarin on spot dalam suatu siaran televisi, saya tanya punya siapa, 'nggak tahu pak'. Padahal depan rumahnya, 'udah berapa tahun nih pak, derek pak'. Nah yang kayak begini empuk nih," tukas Andri. (cr3/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%