Dirlantas Sebut DKI Jakarta Belum Siap Terapkan Tilang CCTV

Rabu, 13 September 2017 | 20:25
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi (Hanung Hambar/Jawa Pos)

INDOPOS.CO.ID - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra menyatakan bahwa wilayah DKI Jakarta sampai saat ini belum siap menerapkan mekanisme penilangan dengan CCTV. Pernyataaan itu menyusual sejumlah daerah yang telah menerapkan penilangan CCTV.

"CCTV tilang itu hoaks sebenarnya kita belum siap dari Polda Metro Jaya. Ada yang pernah dilaksanakan uji coba tapi saat ini belum siap dijalankan," kata Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/9).

Halim menuturkan, dalam waktu dekat Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum ada kesiapan untuk menerapkan mekanisme penilangan menggunakan CCTV. Pasalnya, hal tersebut perlu dikomunikasikan dengan stakeholder lainnya. Sedangkan saat ini belum ada pembicaraan mengenai hal itu.

Meski demikian, dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan DKI Jakarta akan menerapkan CCTV tersebut. Pemerintah daerah harus mengkaji serta dapat melengkapi keperluan infrastruktur yang diperlukan. Juga sumber daya manusia yang terlatih.

"Yang paling utama adalah integritas data. Orang luar wilayah ditilang ke sini mau tilang ke mana," ucapnya.

Lebih lanjut, Halim mengatakan bahwa sejumlah kamera CCTV memang telah terpasang, seperti di ruas jalan Thamrin. Tetapi, kamera tersebut belum bisa berfungsi maksimal. Beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Pekalongan dan Bandung telah menerapkan sistem tilang melalui CCTV. (cr5/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%