Pantau Pelantikan Anies-Sandi, Warga Bisa Manfaatkan VR

Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:55
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

INDOPOS.CO.ID - Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017 mendatang. Berbagai persiapan gladi sampai teknologi canggih dipersiapkan oleh tim pemenangan.

Tim pemenangan Anies - Sandi yang diwakili tim medianya Noval Firman Yursak menyampaikan, pelantikan tersebut akan berlangsung di Istana Negara dengan dilantik langsung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Acara pelantikan itu berlangsung pada pukul 16.00 WIB.

"Kemarin kami sudah lakukan gladi kotor digedung DPRD Jakarta sehingga kami dijelaskan bagaimana sidang paripurna istimewa itu berlangsung pada 16 Okteber nanti," terang Noval pada wartawan di Rumah Tim Sinkronisasi Anies - Sandi Jalan Tirtayasa XII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

Menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan - Sandiaga Uno pada 16 Oktober, tim Anies-Sandi pun sudah menyiapkan teknologi khusus untuk warga perkampungan.

Naufal mengatakan, pihaknya akan menyiapkan media Virtual Reality (VR). Dengan teknologi ini, warga seakan-akan bisa berada di lokasi pelantikan Anies-Sandi. 

VR adalah teknologi dengan media berbentuk mirip helm setengah wajah yang memproyeksikan video secara empat dimensi. Pemakainya seakan-akan seperti berada di tempat lain, sesuai dengan apa yang diproyeksikan video. 

"Ada 15 unit VR yang akan disiapkan di kampung-kampung. Video yang diproyeksikan ke VR disokong oleh kamera yang merekam prosesi pelantikan secara live," sambung Naufal. 

Dari 15 VR yang ada, 12 di antaranya akan memproyeksikan kegiatan di luar Balai Kota DKI Jakarta, sisanya di dalam. Mengenai kampung yang menjalin lokasi penyediaan VR, Naufal tidak memberikan jawaban terperinci. "Untuk lokasinya belum kami temukan, tapi sudah kami tentukan," ujar dia.

Selain dengan teknologi VR, sambung Naufal, pihaknya juga menyediakan layar yang mempertontonkan siaran langsung pelantikan. "Ini supaya semua warga di seluruh DKI bisa nonton bareng," urainya. 

Sehingga usai pelantikan di istana negara nanti, Gubernur dan wakil Gubernur terpilih akan menuju Balaikota dengan menaiki mobil dinas. Gubernur DKI terpilih akan disambut dengan pentas seni Betawi di palang pintu depan Balai kota.

Kemudian Anies-Sandi akan melakukan serah terima jabatan dengan Gubernur sebelumnya, Djarot Saiful Hidayat. "Setelah melakukan serah terima jabatan, Pak Anies akan mengantarkan Pak Djarot ke Pendopo Balikota untuk meninggalkan lokasi," tukasnya. 

Kemudian pada pukul 19.00 WIB, Gubernur baru akan jalan kaki ke Gedung DPRD untuk menyampaikan pidato pertamanya di depan sidang paripurna DPRD DKI Jakarta. Dilokasi tersebut, Anies - Sandi juga direncanakan akan bertemu dengan mantan - mantan Gubernur DKI Jakarta yang pada kesempatan itu juga turut diundang.  

"Digedung DPRD Pak Anies Akan menyampaikan pidato politik pertamanya didepan para anggota dewan dan mantan gubernur DKI Jakarta yang hadir disana, durasi pidatonya sekitar satu jam," papar dia. 

Noval menuturkan kembali, setelah menyampaikan pidato di gedung DPRD Anies - Sandi akan kembali ke Balai Kota untuk menyapa warga di Gedung G, disana Gunernur terpilih kembali berpidato didepan warga. 

Tak hanya itu, di halaman gedung G lingkungan Balai Kota DKI juga akan digelar pangggung hiburan untuk warga yang datang, selain itu di beberapa lokasi di Balai Kota juga disediakan beragam kuliner yang dapat dinikmati warga secara gratis. (ibl)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%