Gedung Asrama PTIK Terbakar

Selasa, 14 November 2017 | 14:23
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
TAKLUKKAN API: Petugas pemadam atasi kebakaran di gedung Asrama PTIK, kemarin

INDOPOS.CO.ID - GEDUNG Asrama Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) menampakkan asap hitam dan tebal, Senin (13/11) pagi. Si 'jago merah' melanda bangunan yang berlokasi di Jalan Tirtayasa No 6 Kelurahan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 10.50 WIB.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan, kebakaran ini terjadi di flat A lantai 3. Di mana, lantai tersebut berfungsi sebagai area tempat tinggal mahasiswa. Penyebab kebakaran ini, sambung dia, berasal dari korsleting listrik kabel lift.

Menurutnya, kabel lift memang sudah berusia tua dan usang. "Kabel-kabel lift ini sudah ada sama seperti usia bangunan, sekitar 70 tahunan. Kabel lift dibungkus dengan bahan plastik, jadi mudah terbakar. Apalagi yang terbakar cukup banyak sehingga asap cukup tebal," ujar dia ketika ditemui di Mabes Polri..

Dalam kesempatan itu, Setyo membantah kebakaran PTIK terkait serangan teroris seperti yang sebelumnya terjadi di Polres Dharmasraya, Sumatera Barat. Sebab kebakaran PTIK murni terjadi akibat korsleting listrik dari kabel lift yang sudah tua. Kebakaran pun berlangsung hanya sebentar. Sekitar pukul 11.42 WIB, api dapat terkendali dan pemadaman selesai.

Setyo menuturkan, ada 4 mobil pemadam kebakaran yang turun untuk melumpuhkan api. Namun berdasarkan pantauan lapangan, jumlah mobil damkar lebih banyak dari itu. Kemudian terdapat bantuan mobil dari unit lain seperti PLN, PMI, dinas perhubungan dan sebagainya. "Tidak ada korban luka atau jiwa, hanya kerugian materil karena lift rusak. Jadi saya tegasikan ini tidak ada kaitannya dengan teroris," kata dia.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan, Irwan mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dari lantai tiga. "Kemungkinan ada hubungan arus pendek di lantai tiga asrama. Sempat merembet keatas," ujar dia.

Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 11.30 WIB. "Tidak ada korban jiwa atau korban luka. Kami masih telusuri penyebab sebenarnya, dan seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan," kata Irwan.

Rudi, salah satu pekerja lepas harian PTIK menyebutkan bahwa dia melihat ada percikan api dari dalam elevator asrama di lantai 3. "Kebakarannya di mess A lantai 3. Saya lagi di bawah lalu dengar suara teriakan mahasiswa di atas, katanya ada api," tandas Rudi.

Lalu terlihat ada percikan api disertai asap tebal. "Dari panel listrik lift di lantai 3. Merembet ke atas. Unit dari Kantor Walikota Jakarta Selatan," tambah petugas Damkar Jakarta Selatan.

Kebakaran sendiri sudah berhasil diatasi sekitar pukul 11.30 WIB. Para petugas pemadam kebakaran juga sudah mulai meninggalkan lokasi. (gel/ibl)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%