Gedung Parlemen Terbakar, Agus dan Zulkifli Dievakuasi

Selasa, 14 November 2017 | 14:26
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BERASAP: Proses pemadaman api yang membakar di salah satu ruangan di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (14/11).

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermato dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan terpaksa dievakuasi. Lantaran, lantai II Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan terbakar, Selasa (14/11).

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, awalnya belum sadar bahwa ada kebakaran yang terjadi di Gedung Nusantara III tersebut. Politisi Partai Demokrat itu memang mendapat jadwal piket hari ini, di masa reses. Ia datang sekitar pukul 10.00.

Alarm kebakaran pertama terdengar tak lama ketika dia mulai duduk dan mengerjakan tugasnya. ”Ada bunyi alarm, saya tanya, 'ada apa'. (Staf yang jawab, Red) 'Enggak pak, cuma ngetes'. Kemudian bunyi lagi, saya tanya, 'ada apa'. Dijawab, 'Ada asap, Pak'. Langsung saya turun. Asap sudah masuk ke lantai tiga,” kata Agus di lobi Nusantara III kepada wartawan.

Agus mengatakan, semua yang ada di lantai tiga sudah mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Begitu juga dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Tidak ada dokumen yang terbakar di ruangannya. Kebakaran diduga terjadi akibat konsleting listrik di ruang sistem pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

”Dokumen tidak ada yang terbakar, karena yang terbakar cuma ruang AC," kata dia lagi. Kebakaran di lantai dua Gedung Nusantara III DPR itu terjadi sekitar pukul 10.50 WIB. Saat itu, alarm kebakaran terus berbunyi. Dugaan sementara, pemicu kebakaran adalah terjadinya korsleting pada mesin pendingin ruangan tersebut.

Sedangkan Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPR Damayanti mengatakan bahwa ruangan yang terbakar adalah ruang Kelompok Kerja Sipil. ”Di sebelah kiri dan kanan banyak ruangan-ruangan yang materialnya gampang terbakar. Kertas-kertas yang mudah terbakar," ucap Damayanti.

Satu mobil pemadam kebakaran yang biasa disiagakan di Kompleks Parlemen juga terlihat tiba di lokasi sekitar pukul 11.10 WIB untuk membantu pemadaman. Sejumlah awak media yang mengerumuni lokasi kejadian diminta meninggalkan lokasi karena pemadaman masih terus berlangsung.

Adapun ruang yang terbakar terletak dekat ruang rapat Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ruangan itu juga terletak satu lantai di bawah lantai ruangan pimpinan DPR, yakni Ketua DPR Setya Novanto, Fadli Zon, dan Agus Hermanto. (aen)

Editor : Syaripudin
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%